Biobank FK-KMK Berbagi Ilmu dan Pengalaman Pengelolaan dan Penyimpanan Sampel Jangka Panjang

Pada tanggal 1 Maret 2024, Biobank FK-KMK UGM bekerja sama dengan Departemen Mikrobiologi FK-KMK UGM mengadakan praktikum mengenai pengelolaan, penyimpanan, dan Quality Control Data dan Sampel. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari Workshop Biobank Infeksi yang digelar pada tanggal 29 Februari 2024.

Peserta yang terdiri dari dokter spesialis mikrobiologi klinik dan teknisi laboratorium dari Rumah Sakit Jejaring Academic Health System berdiskusi dan melakukan praktek mengenai penerimaan, pengelolaan, dan penyimpanan sampel sesuai alur Biobank FK-KMK UGM. Peserta juga mempelajari bagaimana cara memasukkan data dan menggunakan aplikasi penyimpanan data “SIMBIOX”. Kegiatan diakhiri dengan diskusi mengenai Quality Control mengenai data dan sampel yang tersimpan.

Semoga rangkaian kegiatan workshop ini dapat memberikan gambaran mengenai prinsip dasar pembentukan biobank infeksi, memberikan pemahaman mengenai sistem dan pengelolaan sampel, dan menjadikan Departemen Mikrobiologi FK-KMK UGM menjadi rujukan Biobank Infeksi.

Kontributor: Efri Kurniawan

Kata kunci SDG’s: Infeksi (Infected), Knowledge Sharing

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.