,

Berkolaborasi untuk Meningkatkan Sistem Kesehatan: Balai Besar Labkesmas Jakarta Giatkan Persiapan Biorepositori

Dalam upaya mencapai tujuan Transformasi Kesehatan yang dicanangkan oleh Menteri Kesehatan Budi G. Sadikin, pemerintah Indonesia terus menggalakkan restrukturisasi dalam sektor layanan kesehatan. Salah satu langkah konkret adalah penataan ulang laboratorium kesehatan di seluruh Indonesia adalah Laboratorium Kesehatan Medis dan Laboratorium Kesehatan Masyarakat (Labkesmas).

Sebagai langkah tindak lanjut, Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 25 tahun 2023 telah dikeluarkan, yang mengatur mengenai organisasi dan tata kerja Unit Pelaksana Teknis Bidang Laboratorium Kesehatan Masyarakat (Labkesmas). Salah satu fungsi utama yang diemban oleh Unit Pelaksana Teknis tersebut adalah pengelolaan biorepositori.

Mengambil momentum ini, pada tanggal 25 April 2024, Balai Besar Labkesmas Jakarta melakukan kunjungan ke Biobank FK-KMK UGM untuk mendapatkan Bimbingan dan Pembelajaran Teknis Persiapan Pelaksanaan Biorepositori. Acara ini diawali dengan sambutan dan presentasi dari Kepala Instalasi K3, Limbah, dan Biorepositori oleh Imelda Husdiani, S.T., M.Kes, dilanjutkan dengan presentasi dari Ketua Tim Pengelola Biobank Jajah Fachiroh, S.P., M.Si., Ph.D. Diskusi intensif dan peninjauan langsung terhadap sistem dan sarana prasarana Biobank FK-KMK UGM juga dilakukan.

Tim Biobank FK-KMK UGM menyampaikan harapannya bahwa kunjungan ini dapat membantu Balai Besar Labkesmas Jakarta dalam mendirikan fasilitas pengelolaan biorepositori. Keberadaan Labkesmas dianggap sangat penting dalam mendukung sistem ketahanan kesehatan nasional, terutama dalam memperkuat surveilans penyakit dan faktor risiko kesehatan yang berbasis laboratorium.

Kolaborasi antar lembaga seperti ini diharapkan dapat menjadi langkah konkret dalam meningkatkan kualitas layanan kesehatan nasional dan mencapai tujuan Transformasi Kesehatan yang diamanatkan oleh pemerintah.

Kata kunci SDGs : SDGs 3, SDGS 4, dan SDGs17

Narasumber :  Imelda Husdiani, S.T., M.Kes dan Jajah Fachiroh, S.P., M.Si., Ph.D

Kontributor : F. Linda Tri P

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.