, ,

Workshop Bank Jaringan

Biobank FK UGM memiliki misi untuk mendukung penelitian yang berkelanjutan dengan menyediakan layanan yang memastikan data dan penyimpanan biosample yang berkualitas. Tidak ada peraturan khusus mengenai operasinal biobank sebagai unit pendukung untuk penelitian. Peraturan yang ada mengenai Biobank Untuk Layanan Klinis (Undang-Undang Kesehatan Republik Indonesia Nomor 62 Tahun 2013 tentang Pengumpulan Jaringan dan Sel Punca untuk Layanan Klinis; Peraturan untuk Kesehatan: Biobank untuk Sel Punca dan Darah Tali Pusat)

Sistem biobank membutuhkan fasilitas fisik, sumber daya manusia,  dan sistem (SOP).

Fasilitas fisik yang diperlukan adalah laboratorium pengolahan , freezer -80C, freezer -20C, tangki nitrogen cair, generator, alat isolasi analit (serum, plasma, buffycoat, DNA, RNA), komputer, server, dan basis data. Sumber daya manusia membutuhkan pelatihan untuk manajer laboratorium, teknisi, administrator data.

Ada 2 komponen utama biobank; yaitu sampel dan data biologis. Dan ada satu komponen kunci dari biobank yang membedakannya dari penyimpanan sampel biasa, yang merupakan pertanyaan penelitian yang tidak didefinisikan. Pertanyaan penelitian belum diketahui pada saat kami mengumpulkan sampel. Sumber-sumber tipikal sampel biasanya berasal dari bahan bedah, biopsi, sel dari cairan tubuh, dan post mortem.
Kita tidak bisa hanya mengambil sampel dari operasi rutin untuk disimpan untuk tujuan penelitian karena tidak ada persetujuan mengenai masalah ini. Ini juga berlaku untuk bahan sisa dari biopsi penelitian. Berbagi materi dengan anggota keluarga dengan risiko yang meningkat memiliki gangguan genetik juga tidak diperbolehkan karena ada hubungannya dengan kerahasiaan pasien yang benar dan ada kemungkinan bahwa keluarga juga tidak ingin mengetahuinya. Di Groningen persetujuannya bersifat umum dan formulir persetujuan disetujui oleh semua departemen di rumah sakit. Ketika seseorang datang ke rumah sakit sebagai pasien, dia akan mendapatkan informed consent di awal tentang penelitian dan / atau menjadi peserta penelitian dan / atau apakah spesimen yang diperoleh darinya diperbolehkan disimpan untuk jangka panjang.
Ada 2 jenis informed consent yang diperlukan untuk penelitian yang bersifat de novo dan penggunaan lebih lanjut. De novo adalah informed consent tertulis eksplisit yang membatasi penelitian pada persetujuan dan protokol. Sementara izin penggunaan lebih lanjut digunakan untuk bahan yang sudah dikumpulkan atau bahan sisa, itu dapat digunakan untuk penelitian masa depan yang harus bermanfaat bagi perawatan pasien. Penggunaan lebih lanjut opps menurun karena tujuan utamanya adalah perawatan dan volume bahan yang diperoleh terbatas. Dan seiring berjalannya waktu dengan kompleksitas dengan analisis genetika meningkat, oleh karena itu adalah umum untuk menemukan temuan yang tidak terduga. Kami harus berhati-hati untuk berbagi temuan dengan pasien dan kami perlu berkolaborasi dengan dokter.
Saat ini UMCG berinvestasi dalam patologi digital. Hal ini pada dasarnya dilakukan dengan memindai slide patologi ke gambar digital dan menyimpannya di fasilitas penyimpanan data. Dengan begitu kita dapat menjaga kualitas gambar dan tidak akan ada lagi perubahan warna pada pewarnaan. Tetapi patologi digital membutuhkan banyak penyimpanan karena datanya besar. Ada beberapa kondisi penyimpanan berbeda untuk patologi digital berdasarkan kecepatan pemrosesan. Yang lambat adalah penyimpanan yang murah tetapi tidak mungkin digunakan karena responsnya lambat (2-5 menit). Medium penyimpanannya relatif murah dan cukup responsif. Ultracepat dari slide segar adalah penyimpanan yang mahal, dapat ditanggapi secara langsung dan kami tidak perlu menunggu untuk mendapatkan hasilnya. Patologi digital dapat diakses dengan streaming (online). Dengan patologi digital ada banyak peluang yang diciptakan, seperti kesempatan mengajar, kemungkinan penggunaan sekunder. Ini memungkinkan lebih mudah berbagi slide untuk klinik lain, dan juga dorongan data besar untuk seluruh UMC.
Di Belanda ada jaringan bernama PALGA, yang merupakan jaringan nasional dan registri histo & cytopathology. Ditemukan pada tahun 1971. Tujuannya adalah untuk mempromosikan komunikasi, penyediaan informasi di dalam dan di antara laboratorium patologi, dan membuat pengetahuan yang dihasilkan tersedia untuk perawatan kesehatan. PALGA adalah jaringan perawatan tetapi dapat diintegrasikan ke penelitian dengan menyediakan layanan terintegrasi yang sangat baik. Sebagian besar penelitian multisenter di Belanda berjalan melalui PALGA, dan Patologi UMCG menjalankan banyak proyek dengan PALGA.
Dapat disimpulkan bahwa departemen patologi harus dilibatkan dalam banyak penelitian. Patologi digital adalah investasi yang cukup tinggi untuk masa depan tetapi untuk saat ini masih dalam pembangunan. Dan kita perlu mengingat bahwa analisis pencitraan tidak mendekati penggantian ahli patologi. Tetapi di masa depan, dengan semua perkembangan teknologi, segala sesuatu mungkin terjadi. Dan yang tak kalah pentingnya, kita perlu melakukan penelitian kolaboratif karena dapat mengarah pada kesuksesan

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.