Mitra dengan RSA UGM, Biobank FK-KMK UGM Luncurkan Pemodelan Biobank Berbasis Rumah Sakit

FK-KMK UGM. Pada tahun 2018, Biobank FK-KMK UGM menerima hibah dana penelitian Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Indonesia untuk mengembangkan sistem tata kelola biobank guna pengembangan penelitian dan pelayanan kesehatan di Indonesia. Menurut Jajah Fachiroh, Ph.D, selaku ketua tim penelitian, Indonesia memiliki banyak rumah sakit yang menjadi sumber biosampel dan data berkualitas tinggi. Apabila biobank didirikan, maka sangat menunjang pengembangan pelayanan kesehatan. Namun, model biobank berbasis rumah sakit di Indoensia belum banyak dijumpai.

Biobank FK-KMK UGM bermitra dengan Rumah Sakit Akademik (RSA) UGM, membentuk unit bernama Medical Biobank for Health Research in Indonesia (MBRIO). Dalam pelaksanaannya, MBRIO terdiri dari lini governance, etik, keteknisan, dan bioinformatika dengan luaran yang dihasilkan adalah pemodelan biobank berbasis rumah sakit. Meskipun sempat berhenti karena Pandemi Covid-19, namun projek ini dapat diselesaikan pada tahun 2022-2023.

Pemodelan biobank berbasis rumah sakit dilakukan dengan mengikuti alur layanan pasien (patient pathway) dengan memastikan kepatuhan protokol di setiap unit yang terlibat. Pemodelan ini dilaksanakan pada bulan Juni-November 2022 dengan melibatkan 30 tenaga medis dan 6 tenaga non medis yang telah diberikan sosialisasi dan pelatihan.

Sosialisasi dan Pelatihan Teknis Tim Pelaksana (06/06/2023) di RSA UGM

Dari pemodelan tersebut, didapatkan hasil penelitian yang dapat diaplikasikan dan diadaptasi oleh rumah sakit lain yang akan mendirikan dan mengembangkan biobank. Penelitian ini menghasilkan buku “Petunjuk Teknis Pemodelan Biobank Berbasis Rumah Sakit” yang telah terdaftar HAKI.

Selain itu, dengan adanya pemodelan sistem dan tata kelola biobank, dapat memberi pandangan tentang ruang lingkup kebijakan untuk mengatur praktik-praktik pengumpulan sampel biologis untuk penelitian dan pelayanan kesehatan di Indonesia.


Infografis: Pemodelan Biobank Berbasis Rumah Sakit (klik disini)

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.