, ,

Tingkatkas Kualitas Pelayanan, Tendik Biobank UGM Ikuti Pelatihan Penanganan Sampel Infeksius

FKKMK UGM. Dalam rangka untuk pengembangan diri tenaga pendidikan, tahun 2022 unit Biobank FK-KMK UGM bersama dengan Direktur Sumber Daya Manusia dan Akademik Rumah Sakit Akademik UGM Prof. Apt. Ika Puspita Sari, M.Si., Ph.D serta beberapa dokter spesialis melakukan studi banding ke laboratorium INA-RESPOND RSUD Tangerang mengenai penanganan sampel infeksius.

Tendik Biobank UGM Praktek Handling Spesimen di Laboratorium INA-RESPOND

Kegiatan studi banding dilaksanakan selama sehari, kemudian selama 2 hari selanjutnya 2 teknisi laboratorium melaksanakan pelatihan penanganan sampel infeksius. Kegiatan pelatihan berisi teori dan praktek mengenai cara pencegahan terjadinya infeksi dengan meningkatkan kewaspadaan isolasi dan keselamatan kerja (Universal Precaution) saat bekerja di Laboratorium infeksius. serta alur dan bahaya yang ditimbulkan ketika melakukan proses penanganan spesimen plasma, serum, buffycoat, whole blood, urine, feses, dahak, saliva, VTM, PBMC, dan microbank. Ada juga mengenai cara handling liquid nitrogen, pengepakan pengiriman spesimen infeksius menurut IATA, serta mengenai penanganan tumpahan infeksius dan penanganan tumpahan Bahan Berbahaya Beracun (B3).

Penyerahan Sertifikat Pelatihan oleh dr. Dewi Lokida, Sp.PK(K) Kepala Instalasi Laboratorium INA RESPOND RSUD Tangerang

Ketika proses pelatihan, banyak terjadi diskusi mengenai spesifikasi minimal untuk mendirikan laboratorium infeksius seperti terdapat beberapa lapis pintu dan ruangan untuk mencegah kontaminasi spesimen keluar dari laboratorium. Dinding dan lantai terbuat dari bahan yang mudah dibersihkan dan tidak menjadi media pertumbuhan jamur. Jalur pengelolaan limbah yang sesuai dengan bahan berbahaya beracun (B3). Penempatan tangki liquid nitrogen dengan exhaust. Ada beberapa perilaku yang harus dibiasakan ketika bekerja dengan sampel infeksius.

“Biasakanlah ketika di laboratorium untuk memisahkan area bersih dan kotor, dan bekerja dari area bersih menuju kotor” kata dr. Dewi Lokida, Sp.PK(K)

Pelatihan ini berjalan dengan lancar dan diharapkan dapat diaplikasikan di Biobank FK-KMK UGM.

Tingkatkas Kualitas Pelayanan, Tendik Biobank UGM Ikuti Pelatihan Penanganan Sampel Infeksius