,

Biobank UGM Raih Juara 2 MOOC Pembelajaran Daring Biobank Era Pandemi

FKKMK UGM. Di negara maju, fasilitas biobank berbasis klinis maupun populasi sudah menjadi bagian integral pendukung penelitian dan layanan klinis, akan tetapi di negara berkembang seperti Indonesia, biobank merupakan hal baru. Meskipun sering beroperasi di latar belakang, biobank memainkan peranan penting dalam diagnosis dan pengembangan pengobatan berbagai penyakit. Saat ini kita menyaksikan upaya berbagai negara yang berlomba-lomba mengembangkan vaksin dan terapi lain untuk COVID-19. Pada saat pandemi, kegiatan pengumpulan sampel pasien, pemrosesan, dan analisis berada digaris depan.

Masalah ketersediaan biospesimen yang berkualitas telah lama menjadi faktor penting dalam penanganan penanggulangan penyakit tidak menular maupun penyakit menular yang baru muncul. COVID-19 menghadirkan beberapa permasalahan dalam kegiatan biobanking dunia. Cakupan pandemi yang luas dengan lebih dari empat juta kasus global pada pertengahan September 2021 memberikan kemungkinan bahwa Biobank akan menangani banyak sampel yang terlibat dalam pengembangan vaksin, alat diagnostik, maupun pengobatan.

Untuk dapat mengaplikasikan dan mengembangkan/menyesuaikan kerja biobank di era pandemi, biobank perlu terus berkembang terutama terkait tata kelola serta good practice untuk mempelajari manajemen sampel dan data yang sesuai. Melalui media MOOC (Massive Open Online Course) eLOK UGM, Biobank menghadirkan materi pembelajaran daring dengan tema “Biobank di Era Pandemi” dan berhasil menyabet juara 2 kategori pengembangan Hibah TI Kategori C pengembangan media ajar dengan menggandeng mitra dari luar negeri oleh FK-KMK UGM.

Pameran MOOC Biobank UGM di Selasar Tahir FK-KMK UGM (29/03/22)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.