, ,

Capai SDM Berkemajuan, Tendik Biobank UGM Ikuti Pelatihan Dasar Laboran

FKKMK UGM. Pada tanggal 30 Januari – 3 Februari 2023, Direktorat Sumber Daya Manusia (DSDM) Universitas Gadjah Mada menyelenggarakan kegiatan Pelatihan bagi Laboran Tingkat Dasar yang diselenggarakan secara hybrid melalui Zoom, eLOK UGM dan luring. Peserta pelatihan merupakan tenaga laboran berjumlah 127 orang. Teknisi laboratorium unit Biobank FK-KMK menjadi salah satu peserta pada pelatihan tersebut.

Pelatihan dibuka secara daring melalui Zoom oleh Direktur Sumber Daya Manusia, Suadi, S.Pi., M.Agr.Sc., Ph.D. Kemudian dilanjutkan dengan materi Administrasi Laboratorium oleh Dr.rer.nat Nurul Hidayat Aprilita, S.Si., M.Si., lalu materi Etika Pelayanan Laboratorium yang disampaikan oleh Prof. Dr. Sismindari, S.U., Apt., dan diakhiri oleh Ma’un Budiyanto, S.T., M.T.dengan materi Keselamatan Kelistrikan.

Kemudian pada hari kedua, diawali materi Bahasa Inggris Umum oleh Vincentius Tangguh Atyanto Nugroho, S.Pd., M.Hum. dan Alfelia Nugky Permatasari, S.S., M.A. Peserta dibagi dalam kelompok kemudian mereka saling berinteraksi dalam Bahasa Inggris. Materi kedua pada hari kedua, adalah K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) oleh Dr. Deni Pranowo, S.Si.,M.Si. Dilanjutkan Materi R5 (Ringkas, Rapi, Resik, Rajin, Rawat) disampaikan oleh Ir. Rini Dharmastiti, M.Sc.,Ph.D. Sesi terakhir di hari kedua adalah materi mengenai Pembuatan Video untuk Mendukung Pembelajaran Laboran yang disampaikan oleh Mohamad Abdurrahman Agosto, ST yang menyampaikan tips dan praktik sederhana pembuatan video.

Hari selanjutnya, materi praktik mandiri Administrasi Laboratorium dan Etika Pelayanan Laboratorium di laboratorium masing-masing. Peserta mengerjakan tugas mandiri baik berupa makalah, penyusunan SOP, dan juga pembuatan video pembelajaran. Semua penugasan harus diselesaikan pada 2 hari tersebut dan diunggah ke dalam eLOK.

Pada hari terakhir pelatihan, disampaikan materi dan praktik K3 dan First Aid (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) oleh Dr. Deni Pranowo, S.Si.,M.Si beserta Tim Ukesma secara luring di Fakultas MIPA UGM. Kegiatan ditutup dengan posttest yang dilaksanakan secara daring melalui platform Zoom dan pengisian kuesioner.

Selengkapnya klik disini

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.