HPU FK-KMK UGM Perkuat Upaya Pencegahan Penyakit Tidak Menular dengan Pelatihan Kader Posbindu “SEHATI”

Salah satu upaya peningkatan kesehatan masyarakat adalah Posbindu PTM (Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular). Posbindu PTM merupakan salah satu upaya dari, oleh, dan untuk masyarakat untuk melakukan upaya pencegahan penyakit tidak menular. Hal ini sangat penting, mengingat penyakit tidak menular telah berkontribusi pada 70% kematian di dunia (Kementerian Kesehatan, 2020).

Universitas Gadjah Mada, sebagai salah satu Institusi pendidikan tinggi di Indonesia tidak hanya berperan sebagai lembaga pendidikan namun juga tempat bekerja bagi pegawai dan staf yang memberikan pelayanan. UGM telah mencanangkan program Health Promoting University yang berkomitmen mendukung peningkatan derajat kesehatan mahasiswa dan pegawainya salah satunya melalui pelaksanaan Posbindu PTM (HPU, 2022).

Pada tanggal 22 Juni 2024 bertempat di Auditorium Tahir Gedung Pascasarjana FK-KMK UGM, tim HPU FK-KMK UGM melaksanakan kegiatan Pelatihan dan refreshing Kader Posbindu “SEHATI” (Sehat, Aktif, Bermutu Tinggi). Kegiatan bertujuan untuk meningkatan pengetahuan civitas akademika FK-KMK tentang PTM dan faktor risikonya, memberkan pengetahun dan keterampilan yang diperlukan bagi kader lama dan baru untuk melaksanakan tugas di Posbindu dengan baik, serta menguatkan peran ambassador mahasiswa HPU FK-KMK dalam mendukung kegiatan Posbindu dan Health Literasi.

Biobank FK-KMK UGM mendukung kegiatan Posbindu SEHATI dengan mengirimkan perwakilan 2 tenaga kependidikan menjadi kader Posbindu SEHATI. Kader Posbindu diharapkan dapat melakukan pelayanan dasar sistem 5 meja yang dimulai dari registrasi, anamnesis, pengukuran antropometri, pemeriksaan klinis dan biokimia, serta identifikasi faktor risiko penyakit tidak menular, edukasi dan rujukan.

Kata kunci SDG’s: SDG’s 3

Kontributor: F. Linda Tri P

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.