Dukung Kemenkes RI dalam Penyelenggaraan BGSi, Biobank FK-KMK UGM Memberikan Pelatihan Platform Digital SimbioX 2.0

FKKMK UGM. Biobank Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FK-KMK) UGM bekerjasama dengan Pusat Data dan Teknologi Informasi dan Digital Transformation Office (Pusdatin-DTO) dalam penyelenggaraan Biobank Biomedical and Genome Science Initiative (BGSi). Kedua tim telah melakukan penyesuaian dan pengembangan sistem aplikasi Biobank SimbioX 1.0 milik FK-KMK UGM menjadi sistem aplikasi SimbioX 2.0 yang multi-tenancy sesuai dengan proses bisnis Biobank BGSi.

Tim Biobank FK-KMK UGM hadir dalam finalisasi penyusunan Pedoman Tata Laksana Penyelenggaraan BGSi yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan RI bersama Pusdatin DTO pada Hari Kamis-Jum’at, 9-10 Februari 2023 di Jakarta. Pada pertemuan tersebut, Biobank FK-KMK UGM menjadi pembicara dan memberikan pelatihan platform SimbioX 2.0.

Pemaparan Teknis oleh Efri Kurniawan, S.Tr. AK, Pelaksana Teknis SimbioX 2.0 dan Data Manager Biobank FK-KMK UGM

 

“SimbioX 2.0 dikembangkan dan dirancang untuk pencatatan serta pertukaran data dan informasi sampel pada Biobank Hub  serta biobank pusat (BGSi) untuk menjamin keterlacakan sampel,” kata Pelaksana Teknis SimbioX 2.0 sekaligus Data Manager Biobank FK-KMK UGM, Efri Kurniawan.

Adanya digitalisasi dan integrasi data genome diharapkan dapat mempercepat hadirnya layanan pengobatan presisi pada tujuh penyakit prioritas BGSi. Dengan layanan tersebut, diharapkan dapat membantu masyarakat dalam mencegah risiko penyakit, pengobatan sejak dini dan menurunkan prevalensi penyakit di Indonesia.

 

Kata kunci SDGs: 3, 9, dan 17

 

——

Sumber: https://dto.kemkes.go.id/blog/siap-hadirkan-layanan-pengobatan-presisi-kemenkes-susun-pedoman-tata-laksana-penyelenggaraan-bgsi

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.