, ,

Kembali Menuai Prestasi, Tendik Biobank UGM Raih Juara dalam Event HRIE 2023

Health Research Innovation and Expo (HRIE) merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh FK-KMK UGM sejak tahun 2015. Kegiatan HRIE meliputi serangkaian kegiatan Kuliah Umum, Talkshow, Research Poster Presentation, dan Innovation Expo dalam rangka meningkatkan kapasitas penelitian melalui sinergi inovasi dan implementasi ide-ide penelitian pengembangan dan terapan serta meningkatkan partisipasi dan kolaborasi antara pihak peneliti, institusi, dan industri kesehatan di Indonesia. Pada HRIE 2023, salah satu rangkaian kegiatannya yaitu Workshop Media Ajar Road to HRIE 2023 bertema “Teknik Pembuatan Konten Edukasi Kesehatan Melalui Media Sosial & Pengajuan Hak Cipta Karya Video” diberikan tugas untuk membuat video yang akan dilombakan dan diumumkan pada acara puncak HRIE 2023.

Foto Tendik Biobank FK-KMK UGM F. Linda Tri P, AMAK (kanan) dan Efri Kurniawan, AMAK (kiri) setelah penerimaan sertifikat didepan Booth Biobank pada HRIE 2023

Tenaga pendidik (tendik) Biobank FK-KMK UGM yaitu F. Linda Tri P., AMAK dan Efri Kurniawan, AMAK ikut mengikuti acara tersebut. Melalui konten video edukasi berjudul Isolasi Plasma dan Buffycoat, tendik Biobank berhasil meraih juara 2 untuk kategori workshop video ajar yang diumumkan pada acara puncak HRIE 2023 tanggal 22 September 2023 di Grha Saba Pramana.

Linda Tri P, AMAK adalah Tendik UGM yang bertugas sebagai teknisi laboratorium sejak tahun 2015. F. Linda Tri P, AMAK juga memegang tugas dibagian administrasi umum dan keuangan Biobank FK-KMK UGM. Sedangkan Efri Kurniawan, AMAK adalah tendik UGM yang bertugas sebagai teknisi laboratorium dan data maneger sejak tahun 2019 yang bertanggung jawab pada sampel dan data pada sistem informasi Biobank (SIMBIOX).

Tendik Biobank FK-KMK UGM memilih untuk membuat video edukasi dengan berjudul Isolasi Plasma dan Buffycoat karena setelah beberapa workshop biobank yang sudah diadakan pasti ada pertanyaan terkait cara isolasi plasma dan buffycoat. Setelah menentukan tema, mereka mulai membuat storyline dan menyampaikan kepada atasan untuk memeriksa storyline tersebut. Pada proses produksi video, F. Linda Tri P., AMAK menjadi talent dan mengisi voiceover sedangkan Efri Kurniawan, AMAK menjadi videographer dan editor video. Video edukasi tersebut kemudian diunggah pada kanal Youtube Biobank FK-KMK UGM.

FK-KMK UGM berkomitmen untuk mewujudkan tercapainya tujuan pembangunan berkelanjutan atau SDG’s (Sustainable Development Goals), yang tertuang di dalam tujuan nomor 4 yaitu kualitas pembelajaran. Tendik Biobank FK-KMK UGM berusaha mempelajari ilmu baru diluar tugas sebagai teknisi laboratorium untuk meningkatkan kapasitas tendik.

Sumber : Leres FK-KMK UGM

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.